Tuesday, March 22, 2011

Safety Tips

Siapa yang tidak kenal dengan Solder? tentu semuanya sudah mengenal alat untuk keperluan dibidang elektronika satu ini, yang berfungsi untuk melumerkan timah kawat, dengan kata lain menyolder. Bagi pengguna solder pada umumnya akan mencari tempat untuk meletakkan soldernya agar aman.
Ada yang menaruh di atas asbak, dipinggiran meja, diatas besi, atau dilantai. Kalau kita kurang waspada bisa saja solder membahayakan, entah salah pegang, ke senggol, atau kena kaki tanpa sengaja. Safety Tips dari saya mudah saja hanya dengan menggunakan kawat bekas kabel listri, lalu kawat tersebut di lilitkan pada gagang solder, sisa lilitan kabel kemudian dibentuk menjadi dudukan, perhatikan photo diatas atau dibawah ini.
 
solder iron safety tips
solder iron safety tips
Mudah bukan? hanya memanfaatkan kawat bekas kabel listrik, lalu lilitkan kemudian bentuk menjadi dudukan. Solder pun dapat diletakkan dimanapun tanpa harus mencari tempat lain yang mengganggu atau bisa merusak barang lainnya. Ada sih yang lebih bagus dari ini, tapi anda harus mengeluarkan kocek rupiah dari kantong anda, sekarang tinggal pilih heheh... Do it Your Self (DIY) dengan bahan yang mudah dicari dan di temukan dimanapun. Solder aman andapun aman, selamat mencoba.

0 comments: